Pages

Sabtu, 18 Mei 2013

Menerapkan Sikap Mental Bisnis Orang Cina

Untuk mendorong motivasi dalam berwirausaha, sangat oenting bagi kita untuk mempelajari sikap mental bisnis orang cina. Sepanjang sejarah sudah diakui bahwa sikap kukuh yang dilakukan dalam berbisnis orang cina sangatlah baik untuk diterapkan. Peranan penting bisnis orang cina yaitu Liem Soe, Liong dari Salim Group, Eka Tjipta dari Sinar Mas, Mochtar Riadi dari Lippo Group, Prajogo Pangestu dari Barito Group, Sofyan Wananti dari Gemala Group dan lain-lain.
Belajar dari yang terbaik tanpa harus mencari kesalahan orang lain merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan dimasa datang. Tidak dapat dipungkiri bisnis orang cina didasari oleh suatu budaya, seni, cara dan etika yang sudah mereka terapkan selama puluhan tahun lalu.
Contoh pengusaha sukses dari cina yang patut sekali kita teladani dan diterapkan adalah Hary Jap. Pria berusia 37 tahun ini menjad generasi orang cina yang sukses dalam bidang properti. Sebelum lulus sarjana teknik sipil pada tahun 1994, Harry Jap sudah bekerja pada Sinar Mas Group. Eberapa waktu kemudian diangkatlah menjadi profesional pada perusahaan kontraktor gedung bertingkat dan pada tahun 1998 bergabung dalam Marketinga Associate Ray White di Kelapa Gading.
Hanya dslam waktu satu tahun Hary Jap berhasil membangun kantor sendiri di Pluit.
" Saya bukan penganut gula ada semut, makanya saya buka kantor yang belum ada pesaingnya dan tidak mematikan usaha teman saya sendiri ". Hary juga membuka pemasaran melalui internet www.indoproperty.com dan berkat usahanya dalam waktu 35 bulan sudah balik modal, bahkan pada tahun 2001 dapat mengakusisi Ray White Pondok Indah.

Mengembangkan Sikap Mental Bisnis Orang Cina

  1. Falsafah dan Budaya Bisnis Cina, Falsafah dan budaya orang cina berkembang dengan perjalana  sejarah cina yang beribuan tahun. Orang cina termasuk pekerja keras, karena mengarah ke ajaran Kongucu. Walaupun mereka sudah berhasil mereka akan tetap bekerja keras.                                                                                    Berikut ini adalah Falsafah Bisns Orang Cina :                                                                       * Untuk mencapai kesuksesan orang cina harus berdagang. Bekerja keras dan berani membuka peluang usaha baru merupakan kunci keberhasilan dan hasil usaha berupa keerhasilan dan kegagalan ditentukan oleh sikap, usaha dan keyakinan. Hasil akhir dari sebuah usaha tentunya bergantung pada sikap kitabuntuk tidak emnyerah dan putus asa, melakukan usaha dengan sungguh-sungguh untuk tidak menyerah dan putus asa, melakukan usaha dengan sungguh-sungguh dan keyakisn berhasil.             * Betdagang dapat dijadikan hobi bukan untuk mengisi waktu luang. Berdagang adalah pekerjaan serius bukan untuk pekerja ikut-ikutan.                                                   * Kesalahan dijafikan pengalaman dan pembelajaran, agar kedepannya hasil akan menjadi lebih baik lagi. Keuntungan yang diperoleh sebaiknya tidak dibelanjakan Keuntungan harus dijadikan modal kerja penambahan dan investasi. Falsafah ini mengajarkan kita untuk belajar menabung.                                                                                                             * Orang cina suka perdagangan yang saling menguntungkan jangka panjang dan berkelanjutan dalam waktu lama.  Falsafah ini mengajarkan kepada kita untuk tidak berorientasi jangka pendek.
  2. Sistem dan Seni Bisnis Cina, Sistem yang dianut aalah sistem perdagangan yang berorientasi pada pelanggan. Menunjukan interaksi dn keterkaitan antara pelaku usaha atau bagian lain dalam usaha. Yaitu sesuatu yang terjadi dengan cara tertentudaoat memperoleh hasil yang diharapkan.                                                                  Secara singkat, sistem bisnis Cina dapat dijelaskan sebagai berikut :                                  .* Orang Cina mengijinkan pelanggannya membuat pelanggannya membuat sendiri tanpa ada tekanan dari pemilik. Sistem bisnis ini memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk bebas bergerak, memilih dan membuat keputusan. Baik kepada pelanggan membuat bisnis lebih maju.                                                                                             *Sukses bisnis tidak menggunakan jalan pintas, sistem bisnis cina menghendaki adanya proses, biar sedikit dan lambat asal langgeng. Oleh karena itu, orang cina lebih berfokus pada bisnis, sebelum mengembangkan bisnis lainnya.                                             * Pelanggan lama diberi kebebasan dan pelayanan istimewa, hubungan pelanggan adalah fokus utama dalam berbisnis orang cina. Pelanggan puas adalah kunci sukses bisnis cina.                                                                                                                       * Pekerja dalam sistem bisnis cina adalah bagian yang tak terpisahkan dari entitas bisnis. Menghendaki adanya sepenggungan antara pemilik dengan pekerja. Tidak boleh som                       bong dan congkak kepada pekerja. Bila men Dandapat keuntungan, pekerja juga harus merasakan, begitu pula sebaliknya. Istilah ini adalah Gain Sharing.              Seni Bisnis Cina adalah upaya melaraskan gerakan yang indah sesuai dengan kaida atau norma yang dapat dinikmati banyak orang, khususnya pekanggan dan pedagang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar